Subscribe:

Jumat, 10 April 2015

Ziarah Kubur

Sebagai warga NU tentunya tidak asing dengan Ziarah Kubur, seperti kita lihat pada saat menjelang Bulan Ramadhan dan Akhir Ramadhan, orang-orang berbondong bondong datang ke Maqbaroh (kuburan) untuk berziarah mengirimkan doa bagi keluarga mereka yang telah meninggal. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak dulu sampai sekarang. ada yang menentang namun lebih banyak yang melakukan ziarah kubur ini. Adapun tujuan ziarah sendiri diantaranya :


  1. Mengingatkan hamba kepada akhirat dan memberi pelajaran berharga baginya akan kehancuran dunia dan kefanaannya. Sehingga jika ia kembali dari makam, timbul rasa takut kepada Allah Azza wa Jalla yang bertambah, dan kemudian memikirkan akhirat dan beramal untuk itu.
  2. Mendoakan kebaikan bagi mayit dan memohonkan ampunan bagi mereka. Ini merupakan bentuk perbuatan baik orang yang masih hidup kepada orang yang telah mati. Amalannya telah putus begitu ia menghembuskan nafas terakhirnya meninggalkan dunia menuju akhirat.
Kegiatan Ziarah ini sebagai kegiatan ektra di MI Al Falah Bulaksari dilaksanakan pada Jum'at minggu awal pada setiap bulannya.

Tidak hanya Ziarah ke makam sesepuh Madrasah saja, Madrasah melaksanakan kegiatan ziarah ke Makam auliya yang berada di Jawa Tengah, diantaranya Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Raden Fatah Demak, Kyai Raden Santri Gunungpring Magelang, Syaikh Anom Sidakarsa Kebumen dan KH. Baidlowi Kesugihan yang diikuti oleh siswa/siswi kelas VI pada saat liburan semester I.

0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE