Subscribe:

Kamis, 17 Januari 2013

Selayang Pandang MI Al Falah Bulaksari


  • Sejarah Singkat Berdirinya MI Al Falah Bulaksari Kecamatan Bantarsari  Kabupaten Cilacap
Awal mula berdirinya MI Al Falah Bulaksari adalah Madrasah Diniyah Medeng (MDM) yang berdiri pada Tahun 1967. MDM berdiri diprakarsai Kyai dan masyarakat dusun Medeng. Ky. Mujibudin adalah Kepala Diniyah Medeng yang pertama. Gedung Madrasah pada waktu itu sangat sederhana hanya berdinding gedeg (anyaman bambu) dan berlantai tanah, Gedung Madrasah tersebut dibangun diatas tanah wakaf  Bapak H. Ibrahim  (luas 853 M2).

Berdasarkan kesepakatan Pengurus dan masyarakat Medeng Madrasah Diniyah Medeng di rubah menjadi MIM (Madrasah Ibtidaiyah Medeng) yang mana MIM selain mempelajari pelajaran agama, MIM juga mempelajari mata pelajaran Umum Pada tanggal 1 Januari 1978 nama Madarasah Ibtidaiyah Medeng diubah menjadi Madrasah Ibtidaiyah Al Falah, diambilnya nama Al Falah (Falah = petani) dikarenakan masyarakat Medeng sebagian besar petani.  Pada tanggal 2 Juli 2001 MI Al Falah mendapatkan status “Diakui”  dengan ketetapan hukum.   Nomor : B.Mk.20/MI/025/2001 Kemudian pada tanggal 18 April 2005 MI Al Falah mendapatkan nilai Akreditasi dengan status Terakreditasi  B (Nomor : Kw.11.4/4/PP.03.2/623.1.33/2005) Nomor Statistik Madrasah : 112330109093.

MI Al Falah Bulaksari Kecamatan Bantarsari  Kabupaten Cilacap menggunakan kurikulum sesuai dengan perkembangan dan aturan dari Departemen Agama. Tahun 2004  mengunakan kurikulum KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), dan saat ini  menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang proses belajarnya mengacu pada kompetensi sehingga kegiatan siswa menurut pada kompetensi yang dirumuskan bukan pada materi dengan tujuan agar siswa dengan mudah mencapai kompetensi dasar.

  • Letak Geografis MI Al Falah Bulaksari  Kecamatan Bantarsari  Kabupaten Cilacap.

MI Al Falah Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap berada di Dusun Medeng RT. 03 RW. 01. ( Alamat resmi MI Al Falah sekarang adalah Jl. DPU No. 15 Medeng Bulaksari Bantarsari Cilacap Kode Pos 53258 ). Desa Bulaksari adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Bantarsari. Secara geografis, letak desa Bulaksari berada di wilayah bagian utara Kabupaten Cilacap. Jarak ke pusat Kota kabupaten kurang lebih 40 km.
Desa Bulaksari termasuk desa yang memiliki masyarakat yang religius, terbukti dengan adanya 5 Pondok Pesantren di wilayah desa Bulaksari  Keadaan ini sangat mendukung proses pembelajaran yang dilaksanaan oleh Madrasah. Pagi hari siswa mendapat materi pelajaran pendidikan agama dan umum di Madrasah dan sore harinya siswa bersekolah di Madrasah Diniyah yang ada di sekitar dusun Medeng.


VISI DAN MISI MI AL FALAH BULAKSARI


VISI

Mewujudkan generasi yang terampil Qiroah tekun beribadah berakhlakul karimah dan unggul dalam prestasi

VISI


  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
  2. Mewujudkan pembelajaran dan pmbiasaan dalam mempelajari Al Qur an dan menjalankan ajaran islam.
  3. Mewujudkan pembentukan karakter islami yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga pendidik sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
  5. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel






0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE
KIP-BSM
SIMPATIKA
SDM-PDSP
SATU LAYANAN