Subscribe:

Sabtu, 20 Mei 2017

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H/2017 M



Tak terasa Ramadhan telah dekat ,atau mungkin tinggal hitungan beberapa jam lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan. Kita Meyakini Ramadhan adalah Bulan yang penuh rahmah, maghfirah, serta pahala yang berlipat ganda yanga diperuntukan bagi siapa saja yang menghiasi bulan ini dengan berbagai amalan ibadah kepada Allah. Kita berharap semoga diberi kekuatan jasmaniyah maupun ruhaniyahnya agar mampu dan bisa menjalaninya dengan baik penuh keihlasan serta kekhusyuan, Amin....

Puasa Ramadhan maupun puasa-puasa yang lainnya (Sunnat) harus dijalankan sesuai waktunya. Banyak Al-Quran dan Hadits-hadits yang menerangkan tentang kapan waktu menjalankan puasa. Diantaranya akan saya cantumkan disini :

وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّى يَتَبَيّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ (البقره: ١٨٧
Artinya : “Makanlah dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dengan benang hitam yaiu waktu fajar” (Q.S. Al-Baqoroh: 187)

Ayat di atas menerangkan tentang waktu puasa itu dillaksanakan pada sian hari mulai terbit fajar ditandai dengan waktu Imsak sampai terbenam matahari ditandai dengan adzan maghrib.
Kemudian diantara Hadits-hadits Rasulullah SAW yang berkaitan puasa Ramadhan :

1. Hadits tentang pentingnya Niat puasa di malam hari
مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ ( رواه الخمسه 
Artinya : “Barang siapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar maka tidak ada (syah) puasa baginya” ( HR : Imam Lima).

2. Hadits tentang tuntunan makan syahur dan berbuka puasa :

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: لَا يَزَالُ اَلنَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا اَلْفِطْرَ (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Artinya : “Dari Sahal Ibnu Sa’ad ra: Sesngguhnya Rasulullah SAW Bersabda : Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan puasa” (HR Mutafaqun ‘alaih).

قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي اَلسَّحُورِ بَرَكَةً (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Artinya : “Rasulullaah SAW telah bersabda : Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur itu ada barkahnya” (HR: Mutafaqun ‘alaih).

Demikianlah sebagian Ayat Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW yang sebagai pengantar mudah-mudahan menjadi pedoman yang berharga dalam menjakankan puasa kita. Akhirnya. kita berharap puasa Ramadhan kali ini bisa dijalankan dengan penuh kekhusyuan dan dijadikan momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah serta untuk melatih diri dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, melatih jiwa kita agar memiliki sikap kepedulian, solidaritas dan kasih sayang terhadap diri masyarakat serta lingkungan sekitar kita. Hikamah dan keagungan bulan Ramadhan ini benar-benar dapat kita raih secara maksimal. Semoga..!!!

Selanjutnya...,Jadwal Imsyakiyah Khususnya untuk wilayah Cilacap dan sekitarnya silahkan lihat di bawah. Semoga bermanfaat!!!
(Sumber : http://cilacap.kemenag.go.id/)

Link Download : 


0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE